BREAKING NEWS

BLOG

ARTIKEL PUBLIK

SEO

Thursday, 12 September 2013

Tutorial SEO - Research Keyword


#Tutorial SEO 2


Dalam tutorial SEO yang kedua ini kita akan membahas Research Keyword. Apa itu research keyword ?
Ini adalah langkah terpenting dari teknik SEO , disini kita akan mencari atau meriset kata-kata yang paling banyak muncul di search engine, kata-kata yang paling banyak dicari pengunjung dan berpotensi untuk meningkatkan trafik visitor di blog kita, teknik inilah yang dinamakan Research Keyword.

disini saya  akan menjelaskan 2 tool untuk melakukan Research keyword.

1. Google Adword
Login dulu ke akun gmail agan untuk masuk ke google Adword, setelah itu tentukan kata kunci yang ingin dicari. Google akan menampilkan beberapa keyword yang berpotensi trafik yang tinggi dan kompetisi yang masih bisa untuk bersaing cepat dengan para kompetitor.


Disini kita kan mencari keyword yang mempunyai trafik tinggi dengan persaingan rendah, karena dengan persaingan rendah berarti keyword tersebut belum banyak yang menggunakan dan berpotensi niche market.
Dalam contoh diatas, saya menggunakan keyword unuk pencarian "Kumpulan Source Code Visual Basic 6". Hasilnya anda bisa lihat, yang saya lingkari adalah keyword berpotensi trafik tinggi dengan persaingan rendah.

Disini saya akan memberikan batasan batasan atau filter dalam mencari keyword, anda juga bisa menggunakan cara ini :

Cara yang pertama kita gunakan dulu Broad Keyphrase, letakan keyword yang anda cari tadi di dalam kotak penelusuran google. dalam contoh ini Kumpulan Source Code Visual Basic 6.


dari hasil penelusuran diatas, diemukan hasil pencarian untuk keyword tersebut dengan hasil pencarian 90.100 hasil. ini termasuk dalam kategori persaingan rendah dan cukup bagus untuk dijadikan keyword. Selanjutnya kita akan mencoba melakukan pencarian dengan metodhe lain. dalam contoh ini :



lalu coba satu persatu menggunakan metode pencarian diatas, dengan meletakkan di kotak penelusuran Google. Lalu bandingkan ke empat metode pencarian tersebut daru jumlah hasil, maupun kombinasi prase dari keyword untuk meyakinkan keyword mana yang benar-benar tepat dan berpotensi untuk dijadikan sebagai Default Keyword di Blog anda.

Setelah mendapat keyword berdasarkan kriteria diatas, selanjutnya kita akan melakukan analisa Kompetitor supaya kita tau siapa saja kompetitor kita. Dalam hasil pencarian seperti contoh diatas, kebetulan kebanyakan pesaingnya adalah blogger, hal ini merupakan kabar gembira, kenapa ? karena SEO onpage pada blogger bersifat dinamis, artinya tidak selalu berada di posisi depan .
untuk menganalisa URL pesaing kita, saya menggunakan Tool gratis SERP Atack free dari serpattacks.com
silahkan agan download softwarenya dan instal di desktop.

2. SERP Attack Free

Setelah instal, buka softwarenya, masukkan keyword sesuai contoh dibawah ini.

Tools ini akan menunjukan jumlah backlink dan pagerank untuk 10 situs yang menempati halaman pertama google tersebut. disini saya melakukan filter untuk PageRank usahakan rata-rata < 2 dan untuk backlink usahakan terdapat 3 blog yang memiliki backlink < dari 50 untuk backlink oN-url (bukan domain).
Bisa dilihat pada data diatas bahwa, rata-rata pagerank 10 situs yang menempati Halaman pertama google adalah 1 . Dan ada 2 situs yang memiliki backlink < 50 untuk backlink OnURL’s ( bukan OnDomain ) karena yang saya perhatikan adalah nilai backlink OnURL’s bukan OnDomain jadi untuk situs yang memiliki backlink tinggi tapi bersifat Ondomain tidak akan saya perhatikan. 
Kenapa tidak terlalu saya perhatikan, karena kebanyakan blog homepage nya bersifat dinamis, sehingga untuk Onpage SEO nya tidak maksimal. Untuk itu yang saya lihat adalah halaman page dulu.

perlu anda ketahui, Riset Keyword berdifat relatif , setiap orang mempunyai cara sendiri untuk mendapatkan keyword yang berpotensi trafik tinggi. jika pesaingan terlalu besar, maka anda harus ekstra rutin untuk mengoptimalkan keyword yang agan punya, karena persaingan tinggi berbanding lurus dengan trafik tinggi.
Jika Keyword yang anda riset tidak memenuhi kriteria, silahkan riset dengan keyword yang lebih baik lagi tentunya dengan cara yang setiap orang miliki. Tidak harus cara yang saya paparkan diatas. Banyak jalan menuju Roma.
Penulis mengucapkan selamat melakukan riset, semoga mendapatkan keyword yang agan inginkan. :)

4 comments :

  1. Terimakasih tutorialnya bang. Artikelnya sangat membantu saya

    ReplyDelete
  2. Waaaah terimakasih banyak atas informasinya..!
    salam kenal dan semoga sukses selalu. . .

    ReplyDelete
  3. mantap gan
    http://www.perawatcybery.com/

    ReplyDelete

 
Copyright © 2017 AKADEMI INFORMATIKA - Member of Rumah IT
Our Partners: Indonesia Travel Guide - ICT Computer - Safe Your Link Away. Powered byBlogger